Site Loader

Bogor, 3 Maret 2020

Berbagai upaya dalam rangka memberikan tambahan wawasan pengetahuan untuk mendukung proses belajar mengajar di lingkungan Institut Pertanian Bogor terus dilakukan.  Pengembangan wawasan tersebut dilakukan dengan berbagai hal, diantaranya adalah melalui kuliah tamu yang menghadirkan pemateri yang menginspirasi.

Kuliah tamu menjadi salah satu alternatif dalam menambah wawasan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) baik dosen maupun mahasiswa sebagaimana yang dilakukan oleh Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.

Bertempat di salah satu ruang kelas Fakulltas Peternakan, kuliah tamu yang menghadirkan Bapak Iwan Benny Purwowidodo, STP sebagai pemateri membahas tentang pengolahan dan pengembangan kulit dan tulang menjadi kolagen. Membuka acara, Bapak Iwan mengawali sambutannya dengan ucapan terima kasih, beliau juga menuturkan sangat senang karena telah diberikan kesempatan untuk mengisi kuliah tamu di hadapan para mahasiswa.

Disesi yang sama, Prof. Ono Suparno, STP, MT, PhD, FSLTC mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut menurutnya kuliah tamu dapat menjadi salah satu alternatif dalam memperluas wawasan keilmuan. “Ini sangat luar biasa sekali, saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Iwan Benny Purwowidodo, STP yang telah hadir dan memberikan materi sebagai tambahan wawasan, sebab dalam membangun wawasan keilmuan tidak cukup dari internal, tapi juga butuh tambahan wawasan dari luar” terangnya.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Iwan secara garis besar telah beliau terapkan sendiri dalam dunia industri, mulai dari pengolahan pakan ternak, berbisnis ayam organik hingga membuat pabrik kolagen.  Beliau mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama bangku kuliah dan mencoba memecahkan alasan besar mengapa dalam jurnal-jurnal pengolahan kolagen harus diproses berhari-hari. Berbagai research telah dilakukan hingga menghasilkan pemrosesan tulang sapi lokal menjadi  kolagen sapi halal ini melalui  7 tahapan proses utama, yaitu degreasing, demineralisation, partial hydrolysis, molecular purification with  ion exchange, evaporation, sterilization, drying & packing.  Tahapan proses pengolahan kolagen tersebut berlangsung dalam waktu yang cepat dan berbeda dengan proses pengolahan kolagen di negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *