Artikel

Memahami virus sebagai salah satu upaya untuk memenangkan peperangan melawan bahaya infeksi serangan virus covid-19

    Dibaca 68 kali Konsep Karnus Lambung Sakit lambung Diabetes Maag asam lambung GERD

Apakah virus itu?

Virus  adalah suatu mikroganisme yang tidak sempurna. Karena tidak sempurna maka dia membutuhkan makhluk lainnya, atau sel lainnya untuk menumpang hidup dan bereplikasi. Jadi hampir semua makhluk hidup itu bisa diinfeksi oleh virus.

 

Karena dia sudah masuk ke tingkat sel dari makhluk yang akan dituju.

Virus itu mempunyai Spike, yang bentuknya kurang lebih seperti ini:

atau dalam bahasa awamnya, spike itu seperti mulut atau mungkin seperti alat penghubung, perantara yang bisa berkomunikasi dengan sel targetnya. Ingat virus itu hanya mau datang ke sel yang punya pintu yang bahasanya sama, kemudian dia akan masuk. Sebenarnya virus tersebut masuk ke dalam sel target hanya untuk sekedar mau menumpang untuk bereplikasi. Cuman sayang sel yang ditumpangi oleh tersebut akahirnya akan mengalami kematian. Dan itu terus berlangsung begitu.  Nah spikenya virus ini, itu tersusun atas senyawa yang bernama glikoprotein.

 

Nah sekarang kita masuk ke virus covid-19.

Jenis  virus ini adalah virus RNA. Artinya  virus ini hanya mempunyai RNA bukan DNA. Secara garis besar virus ini sangat mudah untuk bermutasi.  Kemudian virus ini, dilengkapi tentakel atau spike.

 

Spike yang berupa glikoprotein. Yaitu senyawa gula yang berikatan dengan backbones protein. Nanti kita akan mempelajarinya pada artikel selanjutnya. Sementara bagi anda yang backgroundnya diluar ilmu  biolog,i sementara anggap saja ada senyawa glikoprotein yang menyusun spikenya virus. Kemudian virus ini akan mencari target, mencari sel yang mempunyai pintu yang bisa dimasuki oleh spikenya ini. Ingat, spike ini adalah bahasa komunikasi. Kalau dia mau datang, mau masukin, maka otomatis dia mencari sel yang punya komunikasi yang sama.  Nah yang dituju oleh virus covid-19 ini adalah semua sel yang mempunyai reseptor ACE2, Angiotensin Converting Enzime 2.

 

 

Apa itu ACE2?

Nanti kita akan membahasnya. Sementara dipahami dulu bahwa virus-virus covid ini akan mencari sel yang mempunyai reseptor ACE2, pintunya pintu ACE2,  dimana dia pada manusia? Pintu ACE2 pada manusia cukup banyak diantara terdapat pada sel pencernaan, pembuluh darah, sel paru, sel jantung dan lain-lain. Apakah tandanya? yaitu sel yang dia bisa mengkerut dan melebar. Kalau bisa mengkerut pasti ada melebar.

 

Semua kehidupan ini, seperti kalau dalam bahasa Cina itu adalah Ying  dan yang, hitam dan putih, pasti ada pasang pasangannya. Berpasang-pasangan, jadi pembuluh darah bisa mengkerut pastinya bisa melebar. Kalau terjadi mengkerut terus pasti akan terjadi banyak hal yang tidak diinginkan. Demikian juga kalau melebar terus pasti juga terjadi hal yang tak diinginkan.

 

Jadi ini akan berirama disitu. Nah ACE2 adalah suatu reseptor sel, pada organ-organ yang telah disebutkan yang tugasnya punya khusus untuk Bypass,  yang nanti akan kita pelajari. Kemudian setelah dia masuk maka dia akan replika di dalam tubuh sel yang sudah berhasil dimasukin tadi. Nah tubuh manusia akan merespon karena manusia punya reseptor imun. jika sistem imun tidak terkendali, akan ada badai sitokin. Nah badai sitokin inilah yang akan menyebabkan sel imun menyerang sel yang rusak dari tubuhnya sendiri yang sudah terinfeksi Virus. semakin banyak sel yang terserang oleh sel imun maka terjadilah kematian sel yang masif, ditambah kematian akibat infeksi virus. Jadi ini akan membuat fatal pada pasien yang terkena infeksi virus covid-19 ini.

 

Nah ini adalah langkah-langkahnya, jadi pertama kali virus ini akan mendekati sel yang mempunyai reseptor ACE2.  Tolak ini, yang diberi warna ungu ini adalah reseptornya.

Setelah virus  menemukan resptor sel yang sesuai, kemudian virus menjadi lengket, lalu virus yang sudah menguasai sel tersebut akan memerintah sel untuk membuka diri dan menjadi lisis. Virus masuk ke dalam sel dan akan meminjam dapurnya sel, yaitu  ribosom untuk bereplika dan sebagainya. Setelah selesai bereplika virus selanjutnya akan keluar lagi  dari se inangnyal.

 

Saat masuk ke dalam sel  jumlahnya masih satu namun saat keluar dari sel yang di infeksinya sudah menjadi banyak, bisa ratusan bahkan sampai ribuan virus. Akhirnya sel yang sudah di infeksinya tersebut  akan mati, dan  virus-virus baru itu pun selanjutnya akan mencari target baru lagi, retargeting.

 

Nah kalau dalam bahasa marketing, itu ada yang namanya marketing MLM, dari satu kemudian bisa berkembang menjadi 1000, dari 1000 virus yang ada, masing-masing akan mencari seribu sel baru lagi.  Jadi bisa dibayangkan sangat masif sekali di sini.

 

Nah sekarang untuk pembahasan tentang virus kita cukupkan sementara sampai di sini, selanjutnya kita akan melanjutkan pada pembahasan berikutnya yaitu pemahaman tentang manusia sebagai objek dari infeksi virus Covid-19.