Kalau virus bisa menyerang manusia berarti otomatis ada komunikasi antara sel manusia dengan virus. Karena ada komunikasi berarti otomatis ada perantaranya, dan ternyata Allah membuat suatu senyawa yang ada di virus dan yang ada di sel manusia yaitu berupa senyawa glikoprotein. Maka supaya kita Kaffah dalam memahami hal ini, maka kami menyarankan anda untuk belajar perihal tentang glikoprotein. Setelah kita tahu tentang glikoprotein, tahu tentang virus, tahu tentang tubuh manusia, maka kita nanti akan bikin skenario tentang mutasi virus, cara virus menginfeksi dan bagaimana respon sistem imun kita menanggapinya.

 

Mutasi virus, skenario infeksi, dan respon imun.

Setelah kita gambar, kita petakan, maka ayo kita bikin strateginya. Jadi setelah kita belajar maka kita harus mengimplementasikannya, kita uji pelajaran yang telah kita dapatkan tersebut. Tapi ujian kita dalam menghadapi infeksi virus ini bukanlah seperti ujian S1, S2 ,S3 atau ujian sekolah kita yang lain. Dimana kalau kita tidak lulus dalam ujian tersebut, kita masih bisa mengulangnya kembali lagi di lain waktu nanti. Tapi kalau ujian bagi pasien yang menderita covid-19 itu adalah ujian antara hidup dan mati. Jadi hasil belajar kita akan diuji pada ujian nyata seperti ini.

 

Ayo kita berperang melawan infeksi Virus!

kita akan mulai dari poin satu yaitu pemahaman tentang virus.

Apa itu virus? virus adalah suatu mikroganisme yang tidak sempurna. karena dia tidak sempurna maka dia butuh makhluk lain, sel lain untuk dia, untuk bereplikasi. Jadi hampir semua makhluk hidup itu bisa diinfeksi oleh virus.

 

Karena dia sudah masuk ke tingkat sel di makhluk yang akan dituju. Nah virus mempunyai Spike. Nah ini Spike atau dalam bahasa awamnya itu mulut ya atau mungkin penghubung, perantara yang bisa komunikasi dengan sel targetnya. Ingat virus hanya mau datang ke sel yang punya pintu, yang bahasanya sama, kemudian dia akan masuk dan dia cuma mau numpang untuk replikasi. Cuman sayang sel yang ditumpangi oleh dia akan mati. Dan itu terus berlangsung begitu. Nah spikenya virus ini, itu tersusun atas senyawa glikoprotein.

 

Nah sekarang kita masuk ke pembahasan tentang virus covid-19. Jenis virus ini adalah virus RNA. Artinya virus ini hanya mempunyai RNA bukan DNA. Secara garis besar virus ini sangat mudah untuk bermutasi. Kemudian virus ini, dilengkapi tentakel. Tentakel ya seperti ini.

 

Spike yang berupa glikoprotein. Yaitu senyawa gula yang berikatan dengan backbones protein. Nanti kita akan mempelajarinya pada step ketiga. Sementara bapak ibu yang backgroundnya diluar biologi sementara anggap aja ada senyawa glikoprotein yang menyusun spikenya virus. terus virus ini akan mencari target, mencari sel yang mempunyai pintu yang bisa dimasuki oleh speknya ini. Ingat spike ini adalah bahasa komunikasi. Kalau dia mau datang, mau masukin, maka otomatis dia mencari sel yang punya komunikasi yang sama. Nah yang dituju oleh virus ini, covid-19 itu adalah semua sel yang mempunyai reseptor ACE2, Angiotensin Converting Enzime 2. Apakah ACE2 itu? kita akan membahasnya pada artikel selanjutnya

 

 

 

 


Baca Juga