Pada intinya adalah, saat manusia terkena virus, virus tersebut akan mencari reseptor yang sesuai. Nah untuk kasus pada virus covid-19, yang dicari oleh virus covid19 adalah sel yang mempunyai pintu reseptor berupa ACE2.

 

Setelah virus berhasil masuk ke dalam sel tubuh, maka tentunya di dalam sel tubuh tadi akan terjadi perlawanan, baik perlawanan sistem imun yang berada diluar sel maupun sistem imun yang berada didalam sel.

 

Pada saat virus masuk ke tubuh kita, sebenarnya virus tersebut belum akan langsung masuk ke dalam sel, dia masih akan berjalan-jalan, mungkin di sekitar jalur udara di dalam paru-paru. Meskipun virus tersebut belum masuk ke dalam sel, namun sistem imun di luar sel pun sudah mulai melakukan perlawanan untuk menghancurkan virus tersebut.

 

Berikut adalah analogi mudahnya:

Misalkan Kita hidup di suatu Kompleks Perumahan, pada suatu saat ada seorang pencuri yang berusaha masuk ke dalam kompleks perumahan tersebut. Di Kompleks perumahan itu sudah ada sistem keamanan berupa satpam. Tentunya satpam-satpam itu pun akan berusaha menangkap pencuri tadi. Demikianlah, itu analogi dari virus yang sudah masuk ke dalam tubuh kita tapi belum sampai masuk ke dalam sel, mungkin masih berada di saluran udara paru, saluran pencernaan, namun belum sampai masuk ke dalam bagian sel. Meskipun belum sampai masuk ke dalam sel, namun virus tersebut sudah akan di hadang oleh sistem imun, oleh sepasukan sel imun, misalnya adalah sel makrofag.

 

Nah apabila virus tersebut berhasil masuk ke dalam sel, analoginya adalah pencuri sudah berhasil masuk kedalam rumah, jika ada pencuri masuk dalam rumah, dan pemilik rumah itu mengetahui, tentunya sang pemilik rumah akan berusaha untuk melawan sang pencuri tadi. Sama halnya dengan sel, jika sel tadi kemasukan virus, itu tandanya bahwa virus tadi sudah berhasilo lolos dari sistem imun di luar selnya, namun sel masih mempunyai satu kesempatan terakhir yaitu melawan virus tersebut, yang sudah berhasil masuk di dalam sel, kalau pencuri masuk ke rumah berarti yang punya rumah punya kesempatan terakhir yaitu melawan pencuri tadi di dalam rumahnya, hanya saja mungkin apakah pemilik rumah tersebut bisa berhasil melawan pencuri tersebut atau atau tidak, apakah sang pemiliki rumah bisa untuk survive atau tidak.

 

Sebenarnya pada saat virus itu belum berhasil masuk ke dalam sel, sel itu sebenarnya sudah mempunyai mekanisme pertahanan Awal.

Sel akan mengeluarkan lendir, untuk menghalangi virus masuk, tapi biasanya kalau individu yang terkena virus tadi dalam keadaan lemah sistem imunnya, maka lendir itu tidak mampu, untuk menahan virus tersebut, sehingga virus tersebut akan tetep menempel ke reseptor sel, dan akan melebur, yang akhirnya akan menginjeksi material genetiknya menjadi siapuntuk di replikasi. Selanjutnya virus itu akan bereplikasi, beranak-pinak di dalam tubuh sel yang sudah berhasil dia infeksi tersebut.

 

 


Baca Juga