Berbicara tentang masalah Glikoprotein, bagi anda yang backgroundnya bukan dari ilmu biologi mungkin akan terasa mumet. 

Senyawa glikoprotein adalah senyawa protein yang berikatan dengan gula, cuma bedanya, gulanya itu bukan sebagai sumber energi. Gula disini sebagai kata sandi atau sebagai informasi biologis. Rantai gula itu di pakai sebagai informasi biologis. Glikorotein pada sel dapat digunakan untuk menangkap sesuatu, yang sama-sama ada senyawa glikoproteinnya juga, atau untuk menempel dengan sesuatu yang juga mengandung glikoprotein. Menangkap siapa?

 

Bisa untuk menangkap kuman, kalau bagi kuman menangkap atau menempel ke reseptor sel.  Rantai  gula pada glikoprotein berasal dari nucleoside DNA. Fungsinya untuk apa? Glikoprotein ini adalah untuk antibodi, untuk melindungi epitel, reseptor sel, jaringan struktural dan sebagainya. Glikoprotein berbentuk lendir yang kental. Dan berperan sebagai polisinya sel yang mempunyai banyak fungsi. Berikut adalah gambar dari glikoprotein :

 

 

Gambar di atas adalah senyawa glikoprotein, yang terdiri dari protein yang berikatan dengan gula. Gambar berikut menggambarkan tentang rantai gula yang ada pada glikoprotein.

Bisa dibayangkan apabila masing-masing dari glikoprotein tersebut memiliki banyak rantai atau  tentakel.  Senyawa tersebut seperti bulu molekular yang menjulur ke samping. Jika di buatkan analoginya mungkin akan seperti pada gambar yang paling atas.

 

Misal itu adalah sasis mobil truk. Apabila di kasih bodynya mobil bis atau truk,  kini jadi berbeda karena sudah rangka chasingnya.

Demikian juga dengan glikoprotein yang berikatan dengan senyawa lainnya sehingga akan terbentuk senyawa baru yang lainnya. Itulah kenapa pada saat kita belajar waktu di SD, atau SMP di tanya apakah fungsi dari protein itu ? Jawabannya pasti mengatakan bahwa protein itu adalah sebagai senyawa molekul pembangun tubuh.

Nah itu adalah fungsi dari protein.

 

Di luar sel, dia akan menjadi acuan tempat untuk bergantung, bagi senyawa-senyawa yang lainnya. Sebagaimana  pada gambar mobil di atas dimana sasis itu adalah, tempat bergantungnya bodi,  mesin dan lain-lainnya. Itu adalah sebagaimana senyawa glikoprotein. Jadi  dapat kita bayangkan contoh dari glikoprotein itu seperti apa.

Sekarang coba kita fahami, ada mucin, kolagen sebagai zat pembangun jaringan ikat di paru-paru, imunoglobulin, dan imunolmolekul ternyata terbuat dari glikoprotein. Bahkan enzim juga sebagian besar berasal dari glikoprotein. Demikian seperti itu yang perlu kita fahami pada konteks virus. Contoh yang lain, sebenarnya masih banyak lagi yang berkaitan dengan senyawa glikoprotein.

 

Jadi seperti ini bentuk ikatannya. Mereka bisa saling menempel, karena sama-sama memiliki glikoprotein,  cuman sandinya yang berbeda-beda. Sama-sama glikoroteinnya namun yang membedakan adalah sandinya.

 

Demikianlah setelah kita mempelajari tentang virus, membahas tentang manusia, membahas tentang garis besar haluan untuk melawan infeksi virus, sampai pembahasan tentang masalah pasukan imun, serta pembahasan tentang glikoprotein. Pada bab selanjutnya kita akan coba rangkai lagi kesemuanya itu agar bisa menjadi  suatu terapan langkah strategi  “Bagaimana cara kita menghadapi berbagai macam kuman dan virus berbahaya seperti covid-19”.

 


Baca Juga