Penyakit diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena sel tubuh tidak mampu menyerap glukosa dengan baik, sehingga  kadar glukosa meningkat dalam darah dan kondisi ini pun telah berlangsung sangat lama sampai akhirnya menyebabkan berbagai gangguan dalam tubuh.

Karena sel tubuh tidak mampu menyerap glukosa  dalam darah dengan baik, maka sel tubuh kekurangan asupan nutrisi. Apabila sel tubuh mengalami kekurangan nutrisi dalam jangka waktu yang lama maka bisa menyebabkan terjadinya penurunan fungsi kinerja organ tubuh.

Bagaimana cara agar sel tubuh dapat menyerap glukosa yang ada dalam darah?

Agar sel tubuh dapat menyerap glukosa yang ada dalam darah maka diperlukan hormon insulin sebagai perantara masuknya glukosa ke dalam sel. Hormon insulin yang menyertai  glukosa akan memberikan sinyal kepada reseptor sel yang bertugas sebagai penerima sinyal hormon insulin.

Dalam kasus penyakit diabetes, reseptor sel yang berperan dalam menerima sinyal insulin ternyata mengalami gangguan, yang umumnya disebabkan karena terhalang oleh timbunan lemak, sehingga diperlukan banyak insulin untuk bisa memasukkan glukosa ke dalam sel tubuh.  Hal ini menyebabkan tubuh mengalami “hiperinsulinemia”, dimana kondisi ini disebut juga sebagai “resistensi insulin”, yaitu terjadinya penurunan sensitivitas insulin pada reseptor sel yang merespon keberadaan insulin dalam darah.

 

 

 

Bagaimana cara menghilangkan timbunan lemak yang menutupi reseptor insulin?

Kita ketahui bahwa hampir semua makanan yang kita makan mengandung minyak atau lemak. Hampir 100% lemak yang di makan, masuk ke dalam darah dalam bentuk lipoprotein. Lemak sendiri merupakan salah satu sumber energi besar untuk sel tubuh. Namun untuk bisa digunakan sebagai sumber energi, lemak harus dipecah terlebih dahulu molekulnya menjadi Asam Lemak & Gliserol. Dimana yang bertugas untuk memecah lemak  adalah Enzim Lipase.

Saat enzim ini tidak ada karena kurangnya bahan baku berupa asam amino yang diperoleh dari hasil proses pencernaan makanan yang mengandung protein seperti daging, telor, tahu dan tempe, maka yang terjadi adalah lemak tidak bisa dimakan oleh sel dan tetap berada pada pembuluh darah.

Mengapa bisa terjadi kekurangan asam amino yang diperlukan untuk pembuatan enzim?

Asam amino diperoleh dari hasil proses pencernaan di organ Lambung. Jika terdapat masalah pada organ lambung, atau asam lambung sering dinetralkan dengan obat maag atau air alkali, maka bisa dipastikan kalau protein yang dimakan tidak akan mampu diproses menjadi asam amino. Sehingga sebagian besar akan dibuang melalui feses. Kalau tidak ada asam amino maka tubuh tidak bisa membuat enzim lipase sehingga lemak tidak bisa dipecah. Hal ini menyebabkan terjadinya plak pada pembuluh darah dan mengganggu kerja insulin sehingga sel tidak bisa menyerap glukosa dalam darah.

Jadi akar dari masalah penyakit diabetes sesungguhnya adalah karena adanya GANGGUAN LAMBUNG dan KESALAHAN PENANGANAN masalah lambung  selama bertahun-tahun melalui PENETRALAN ASAM LAMBUNG. Sehingga untuk menyembuhkan penyakit diabetes secara tuntas, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengembalikan fungsi  organ lambung menjadi sehat dan optimal.

Lalu bagaimana LANGKAH MENGEMBALIKAN FUNGSI ORGAN LAMBUNG AGAR DIABETES SEMBUH SECARA TUNTAS?

Silahkan Klik artikel berikut ini


Baca Juga