Artikel

Memanfaatkan Pati Resisten Buah Pisang untuk membantu Pengobatan Penyakit Diabetes

    Dibaca 38 kali Konsep Karnus Lambung Sakit lambung Diabetes Maag asam lambung GERD

Terjadinya penyakit diabetes disebabkan karena adanya masalah hormon insulin dalam tubuh. Hormon insulin berperan penting untuk mengatur asupan glukosa ke dalam sel. Masalah tersebut dapat berupa gangguan persinyalan antara reseptor sel yang tidak peka terhadap keberadaan hormon insulin dalam darah atau pun karena insulin yang diproduksi dalam tubuh jumlahnya tidak mencukupi. Hormon insulin secara alami di produksi di dalam organ pankreas, tepatnya di sel beta pankreas.

Penurunan produksi insulin oleh pankreas bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah karena bahan baku utama untuk pembentukannya tidak cukup tersedia. Kekurangan bahan baku hormon insulin tersebut bisa terjadi karena organ lambung sebagai penyuplai asam amino yang menjadi bahan baku pembuatan hormon dan enzim sedang mengalami gangguan sehingga tidak bisa mengubah bahan makanan protein menjadi asam amino yang dibutuhkan untuk pembentukan hormon dan enzim itu.

 

“Kegagalan proses pencernaan di lambung akan berakibat pada ketidak sempurnaan proses transport nutrisi makanan dan metabolisme di tingkat sel. Jika hal ini dibiarkan, maka akan terjadi metabolic syndrome yang mengakibatkan munculnya berbagai penyakit degenerative seperti diabetes”.

Dari uraian di atas kita dapat memahami tentang peran penting organ lambung sebagai biomanufacturer alami penghasil nutrisi sel, dan memahami bagaimana keterkaitan antara masalah di lambung dengan munculnya berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes.

 

Suatu penelitian yang dilakukan Kudabayeva di kazakhstan telah membuktikan bahwa gangguan lambung yang menahun memiliki dampak kepada meningkatnya keparahan penyakit diabetes. Oleh karena itu untuk mendukung proses penyembuhan diabetes secara tuntas, maka organ lambung harus dipastikan terlebih dahulu dalam keadaan sehat dan optimal.

 

Permasalahan di lambung umumnya berupa luka lambung yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti karena sekresi asam lambung yang berlebihan, penipisan mukosa lambung yang disebabkan oleh bakteri helio pylori atau pun karena efek samping penggunaan obat anti steroid yang digunakan secara jangka panjang. Untuk mengatasi berbagai gangguan lambung yang sudah berat dan menahun, salah satu solusi yang sudah terbukti efektif adalah melalui penggunaan nutrisi fungsional pati resisten dari buah pisang jenis tertentu seperti pisang rajanangka.

 

Beberapa komponen bioaktif seperti quercetrin dan isoquarcitrin yang terdapat dalam pisang raja nangka terbukti secara ilmiah dapat mengatasi berbagai gangguan penyakit organ lambung.  Quercetin adalah flavon alami yang memiliki bioaktivitas yang cukup bervariasi. Quercetin diketahui sangat efisien untuk mengatasi radikal bebas dalam sistem seluler dan lebih aktif dibandingkan dengan antioksidan tradisional seperti vitamin C dan E. Quercertin banyak terdapat dalam buah pisang rajah nangka, baik yang mentah maupun yang matang. Sedangkan isoquercitrin tersedia dalam jumlah yang cukup di dalam pisang raja nangka yang masih belum matang saja. Suatu kajian penelitian yang dilakukan YS Min di Korea pada tahun 2009 telah membuktikan efektivitas dari isoquercitrin untuk pengobatan Maag, GERD maupun gangguan lambung lainnya.

Penelitian tersebut berhasil membuktikan tentang daya kemampuan penyembuhan dari isoquercitrin yang jauh lebih baik dibandingkan dengan quercertin dan omeprazol:

  • Isoquarcitrin secara signifikan dapat mengurangi sekeresi asam lambung yang berlebihan kembali menjadi normal jauh lebih baik dibandingkan dengan omeprazol atau quarcetin.
  • Isoquercitrin terbukti dapat mempercepat penyembuhan ulkus pada lambung.
  • Isoquercitrin dan omepraolze terbukti dapat menghambat terjadinya refluks esofagitis.
  • Isoquercitrin secara signifikan dapat mengurangi pembentukan Malondialdehid (MDA) sebanding dengan jumlah dosis yang diberikan. Malondialdehid (MDA) adalah senyawa dialdehida yang merupakan produk akhir peroksidasi lipid dalam tubuh, konsentrasi MDA yang tinggi menunjukkan adanya proses oksidasi dalam membran sel.

 

Dengan kondisi lambung yang sehat, maka jumlah asam amino akan tersedia cukup di dalam tubuh untuk membentuk berbagai hormon dan enzim yang diperlukan dalam proses metabolisme tubuh, termasuk pembentukan hormon insulin yang berperan penting terhadap regulasi pengaturan kadar glukosa dalam darah, enzim lipase untuk metabolisme lemak dan lainnya. Nutrisi yang dihasilkan dari proses penguraian makanan oleh organ lambung selanjutnya akan didistribusikan ke seluruh sel dalam tubuh. Termasuk sebagiannya akan digunakan sebagai bahan baku proses regenerasi sel yang berperan penting dalam penyembuhan penyakit diabetes.