Mengapa harus membahas tentang sel ? Pertanyaan tersebut mungkin akan muncul di dalam benak kita. Jawabannya adalah karena di sel-lah sebenarnya semua proses keberlangsungan kehidupan itu terjadi, maka dari itu pengetahuan tentang sel menjadi sesuatu yang sangat penting untuk kita bahas.

Meskipun kita mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan gizi, namun akan menjadi percuma jika zat nutrisi yang terkandung didalam makanan kita tersebut tidak berhasil di metabolisme oleh sel sehingga sel tidak akan bisa menghasilkan energi kehidupan. Apabila hal tersebut dibiarkan terlalu lama, maka sel akan mengalami suatu gangguan bahkan kematian sel.

Lalu apa sebenarnya pengertian dari sel?

Sel adalah bagian terkecil dari tubuh makhluk hidup yang membentuk struktur dan fungsi tertentu. Sel yang sama dikelompokkan menjadi jaringan yang membangun organ dan kemudian sistem organ yang membentuk tubuh organisme tersebut. Contohnya, sel otot jantung membentuk jaringan otot jantung pada organ jantung yang merupakan bagian dari sistem organ peredaran darah pada tubuh manusia.

Keberlangsungan kehidupan suatu organisme secara langsung berasal dari pertumbuhan dan pembelahan sel-selnya yang dimana keberlangsungan tersebut dapat terpenuhi dengan tersedianya energi untuk tiap sel.

Dari mana energi tersebut berasal?

Sumber energi sel berasal dari makanan yang kita konsumsi yakni berupa karbohidrat, protein dan lemak. Akan tetapi zat gizi pada makanan tersebut harus berupa nutrisi monomer agar dapat tercerna sempurna dan dapat dimetabolis oleh sel-sel tubuh. Mengapa demikian? Karena sel hanya dapat mencerna makanan dalam bentuk monomer.

Nutrisi monomer tersebut berupa glukosa (dari karbohidrat), kemudian asam lemak (dari lemak) dan terakhir berupa asam amino (dari protein) yang didapatkan dari proses pencernaan makanan pada lambung dengan bantuan asam lambung ber-pH normal.

Dengan demikian, jika sel-sel dalam tubuh kita mendapat nutrisi yang cukup maka seluruh organ dan sistem organ dalam tubuh dapat berjalan normal dan tubuh pun akan selalu sehat dan bebas dari berbagai penyakit.

 

Iwan Benny Purwowidodo
(Founder Konsep Karnus)


Baca Juga