Bagi penderita diabetes, menjalankan pola makan yang sehat adalah sebuah keharusan. Mengontrol pola makan merupakan salah satu kunci untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sembarangan mengonsumsi makanan, khususnya yang tinggi kadar gula mungkin saja akan memperparah kondisi penyakit diabetes. Namun, Anda tidak perlu takut makan. Berikut adalah tips pola makan sehat yang direkomendasikan bagi penderita diabetes.

  1. Makan Makanan Kaya Nutrisi

Semua orang dianjurkan untuk makan makanan beragam demi memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Namun, perlu diingat bahwa beragam bukan berarti berlebihan. Anda perlu mencukupi kebutuhan kalori harian dari bermacam-macam makanan yang Anda pilih untuk dikonsumsi. Penderita diabetes dianjurkan untuk banyak mengonsumsi sayur, buah, kacang-kacangan dan ikan karena makanan tersebut kaya akan serat, vitamin dan mineral.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Pada artikel sebelumnya, telah dijelaskan peranan protein untuk penderita diabetes. Dimana protein akan membantu pemenuhan asam amino dalam tubuh sehingga metabolisme lemak dalam darah dapat berjalan dengan baik. Dengan catatan 70% protein yang dikonsumsi bersumber dari bahan nabati dan 30% dari bahan hewani.

  1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Mengonsumsi karbohidrat kompleks sangat dianjurkan bagi penderita diabetes karena dapat membantu tubuh dalam mengontrol kadar gula darah. Karbohidrat kompleks memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga tidak menyebabkan terjadinya peningkatan gula darah secara tiba tiba setelah makan. Karbohidrat kompleks bisa didapat dari beras merah, jagung, ubi, gandum dan bekatul sereal.

  1. Batasi Konsumsi Lemak

Pada dasarnya resistensi insulin terjadi karena adanya timbunan lemak yang menutupi reseptor insulin di sel tubuh, sehingga glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel. Agar lemak yang sudah menumpuk di pembuluh darah ini tidak semakin banyak, maka pembatasan konsumsi makanan lemak perlu diperhatikan. Makanan yang mengandung lemak diantaranya adalah kuning telur, kulit ayam, produk susu tinggi lemak, mayonnaise dan margarin.

  1. Batasi Konsumsi Garam

Konsumsi makanan asin dapat berakibat pada meningkatnya tekanan darah pada yang mungkin akan mempengaruhi kondisi penderita diabetes. Tekanan darah tinggi bisa menjadi faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, pembatasan gula harus diimbangi dengan pembatasan konsumsi garam.


Baca Juga